Jumat, 03 Juni 2011

Eksternalitas Penangkapan Ikan Berlebihan (Overfishing)

Dalam suatu perekonomian modern, setiap aktivitas mempunyai keterkaitan dengan aktivitas lainnya. Apabila semua keterkaitan antara suatu kegiatan dengan kegiatan lainnya dilaksanakan melalui mekanisme pasar atau melalui suatu sistem, maka keterkaitan antar berbagai aktivitas tersebut tidak menimbulkan masalah. Akan tetapi banyak pula keterkaitan antar kegiatan yang tidak melalui mekanisme pasar sehingga timbul berbagai macam masalah. Keterkaitan suatu kegiatan dengan kegiatan lain yang tidak melalui mekanisme pasar adalah apa yang disebut dengan eksternalitas.
Secara umum dapat dikatakan bahwa eksternalitas adalah suatu efek samping dari suatu tindakan pihak tertentu terhadap pihak lain, baik dampak yang menguntungkan maupun yang merugikan.
Eksternalitas hanyalah apabila tindakan seseorang mempunyai dampak terhadap orang lain atau segolongan orang lain tanpa adanya kompensasi apapun juga sehingga timbul inefisiensi dalam alokasi faktor produksi.
Eksternalitas timbul pada dasarnya karena aktivitas manusia yang tidak mengikuti prinsip-prinsip ekonomi yang berwawasan lingkungan. Dalam pandangan ekonomi, eksternalitas dan ketidakefisienan timbul karena salah satu atau lebih dari prinsip-prinsip alokasi sumber daya yang efisien tidak terpenuhi. Karakteristik barang atau sumberdaya publik, ketidaksempurnaan pasar, kegagalan pemerintah merupakan keadaan-keadaan dimana unsur hak pemikiran atau pengusahaan sumber daya (property rights) tidak terpenuhi. Sejauh semua faktor ini tidak ditangani dengan baik, maka eksternalitas dan ketidakefisienan ini tidak bisa dihindari. Kalau ini dibiarkan, maka ini akan memberikan dampak yang tidak menguntungkan terhadap ekonomi terutama dalam jangka panjang.
Eksternalitas dalam perikanan didefinisikan sebagai setiap efek eksternal yang disebabkan oleh nelayan individu tetapi tidak termasuk dalam sistem akuntansi mereka. Perikanan eksternalitas umumnya negatif dan terjadi ketika nelayan secara bebas bisa masuk dan menangkap sumber daya, dan di mana perjanjian sukarela kerjasama tidak ada, dalam kasus ini, pengguna sumberdaya tidak mempertimbangkan efek eksternal memaksakan pada orang lain.
Penangkapan ikan yang menggunakan peralatan dan bahan-bahan berbahaya menyebabkan masalah bagi ekosistem perairan terlebih bagi masyarakat yang menggunakan air perairan tersebut. Hal tersebut merugikan bagi kesehatan masyarakat dan keseimbangan ekosistem perairan tersebut. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi eksternalitas negatif yang dilakukan nelayan dalam penangkapan ikan adalah dengan peraturan-peraturan serta larangan yang dirumuskan pemerintah serta penyuluhan bagi para nelayan.

1 komentar: