Senin, 04 Oktober 2010

11 Simbol Firman Tuhan

Tuhan mengumpamakan FirmanNya dengan berbagai macam simbol yang sekaligus menggambarkan sifat dan kegunaan Firman Tuhan itu sendiri.

1.Firman Tuhan itu seperti API (Yeremia 23:29)
Sifat api adalah membakar, membersihkan, dan memurnikan sesuatu yang berlawanan dengan standar Tuhan yang kudus.

2.Firman Tuhan seperti PALU (Yeremia 23:29)
Sifat palu adalah memukul dan menghancurkan segala kejahatan dan hal-hal yang tidak berkenan bagi Tuhan.



3.Firman Tuhan seperti PELITA (Mazmur 119:105; 2 Petrus 1 :19)
Sifat pelita itu sebagai penerang dan penunjuk jalan. Pelita bercahaya di kegelapan. Jadi, firman Tuhan adalah penunjuk jalan kehidupan manusia.

4.Firman Tuhan seperti CERMIN (Yakobus 1:23)
Sifat cermin adalah menyatakan keadaan kita yang sebenarnya, kita dapat memperbaiki hal-hal yang masih kurang baik dalam diri dan kehidupan kita.

5.Firman Tuhan seperti AIR SUSU (1 Petrus 2:2)
Sifat air susu adalah sebagai makanan yang sehat, bergizi dan murni. Air susu tidak hanya menjadi minuman bagi bayi tetapi juga bagi orang dewasa. Agar dapat bertumbuh rohaninya maka manusia mamerlukan firman Tuhan.

6.Firman Tuhan seperti BENIH (1 Petrus 1:23; Lukas 8:11; Yakobus 1:8)
Sifat benih adalah pembawa kehidupan yang akan bertunas dan berkembang biak menghasilkan lebih banyak lagi benih. Firman Tuhan yang bertumbuh di dalam kehidupan manusia akan membuahkan hal-hal yang memuliakan Tuhan.

7.Firman Tuhan sepeti PEDANG (Ibrani 4:12)
Sifat pedang adalah membedah dan memisahkan hal-hal yang bersifat kedagingan dan hal-hal yang bersifat rohani dalam kehidupan kita.

8.Firman Tuhan seperti AIR (Efesus 5:26; Yohanes 15:3)
Sifat Air adalah memberi hidup, membersihkan dan menyegarkan. Tanpa menerima firman Tuhan, kerohanian seseorang pasti akan mati.

9.Firman seperti MADU (Mazmur 119:103; Wahyu 10:10)
Sifat madu adalah manis, menyehatkan dan sebagai obat. Firman Tuhan akan menguatkan, menghibur dan membuat hati yang tawar menjadi ceria kembali.

10.Firman Tuhan seperti ROTI (Matius 4:4; Ulangan 8:3)
Sifat roti adalah sebagai kebutuhan primer yang harus dimakan setiap hari. Sebagaimana tubuh memerlukan roti, demikianlah jiwa dan roh kita sangat memerlukan firman Tuhan. Oleh karena itu, makanlah firman Tuhan setiap hari!


11.Firman Tuhan seperti MUTIARA (Matius 7:6)
Sifat mutiara adalah berharga. Firman Tuhan adalah sangat berharga bahkan lebih berharga daripada mutiara itu sendiri karena firman Tuhan, hidup kit akan dituntun ke jalan hidup yang bahagia bahkan hidup yang kekal.

Tips sukses belajar firman Tuhan:
a.Mendengarkan Firman Tuhan (Roma 10:17)
b.Membaca firman Tuhan (Memperhatikan pertanyaan, perintah, hubungan sebab akibat , kata penghubung, janji Tuhan , keterangan waktu)
c.Menelaah firman Tuhan (mempelajari per kata, per perikop, per karakter, per ayat dan per topik dibantu konkordansi, atlas alkitab, komentar Alkitab, kamus Alkitab dll)
d.Menghapal Firman Tuhan (Sering digunakan, dibaca dengan lantang, kelompokan pasal dan ayat kembar atau pasl dan ayat serupa)
e.Merenungkan Firman Tuhan
f.Mendiskusikan firman Tuhan
g.Melakukan firman Tuhan

Selamat belajar Fiman Tuhan dan bertumbuh makin dewasa dalm Tuhan! Semangat-semangat!! Tuhan Yesus memberkati!

1 komentar: