Senin, 04 Oktober 2010

Aku Dijodohin Ortu

Waduh , apes deh, firman Tuhan kan bilang kita anak-anak Tuhan harus taat dan hormat ama ortu dalam Tuhan (Baca deh Efesus 6:1-2),... Terus kalo ortu kita ngejodohin kita ama seseorang gimana?? Harus diturutin dong?? Bukankah itu penjajahan hak asasi manusia?! Ga adil!! Kita kan bebas nentuin mau nikah ama siapa yang kita sukai! Bukan ortu kita!! Sebel!!
Sabar! Sabar dulu! Urut dada, minum dulu, duduk dulu, biar kita berpikir jernih dulu en jangan keburu emosi. Kalo kita marah-marah, maka bisa memicu konflik atau bahkan perang dunia ketiga! Jadi gimana dong??

- Pertama-tama jangan keburu marah en nolak mentah-mentah.
- Ajak dululah orang yang dijodohin ama kita itu biar bisa jadi temen, kan bisa sama siapa aja, ‘tul ga?? 
   Terima dengan baik, dan ajak ngobrol denga pikiran dewasa, kan pastinya udah sama-sama dewasa, ya
   ga??
- Bawa dalam doa supaya ada kesempatan untuk bicara dengan ortu dan juga berdoa siapa tau itu memang
   jalan Tuhan untuk mendapatkan pasangan.

Nah kalo udah gitu ortu kan jadi tenang en ga memusuhi kita, otomatis mereka juga bakalan berpikir tenang dan dewasa. Baru kita liat poin-poin berikut:
a. Jika pasangan yang dijodohin bukan orang percaya.
Boy udah nebak ama siapa dia dijodohin mami papinya, psti ama si Lia, anak temen seperjuangan si papi dulu sewaktu main tarik tambang. Tapi..., Lia kan bukan anak Tuhan? Tenaaaang... ajaklah ortu kita buat bicara dengan tenang dan katakan bahwa kamu mau berteman dengan siapa saja, tapi kalo sudah urusan menikah haruslah dengan orang yang seiman. Nyatakan keseriusan dan kesungguhan kamu, lalu jelaskan alasannya mengapa harus seiman. Kamu bisa buat perumpamaan kalo menikah itu seperti berdua dalam satu kapal yang mengarungi samudera luas. Kalo prinsipnya sudah berbeda dan semaunya, juga punya maunya sendiri yang berbeda, pasti repot. Bahkan mungakin kapalnya akan karam. Bilang juga kamu ingin Tuhan menjad nakhoda kapal itu. Jika ortu kamu orang yang belum percaya ama Tuhan Yesus, Kataka “ Maafkan saya, Pa, Ma”, jangan bermusuhan dengan mereka, lakukan tanggung jawabmusebagai anak dan tetap menghormati mereka.

b. Jika pasangan yang dijodohkan adalah orang percaya.
Agnes ga nyangka kalo ternyata si mami ngejodohin dia ama anak tetangga sebelah, temen Agnes sejak mereka masih kecil-kecil. Marcos namanya, orangnya cute en juga sempat jadi teman sepelayanan waktu SMA dulu. Jadi sekarang, setelah Marcos mau pulang dari nyelesain kuliahnya di luar negeri, apa yang harus Agnes lakukan??
Well, bukankah ini sedikit lebih mudah? Apalagi jika ortu kita sudah percaya ama Tuhan, pertimbangkanlah si Marcos itu dan bawa dalam doa untuk minta hikmat dan pimpinan Tuhan (Amsal 3:5-6). Kalo memang Agnes dan Marcos sama-sama belum punya pasangan bisa saja ortu kita dipakai Tuhan untuk mempertemukan mereka dalam pernikahan. Bisa aja kan?? Liat aja Ishak dan Ribka, mereka kan dijodohin ma ortu. Cara yang dipake Tuhan buat kita beda-beda lho, karena kita pribadi lepas pribadi itu unik alias ga da duanya! Tentunya “Love Story” yang Tuhan bikin buat kamu juga berbeda dengan yang lain, so....jajaki aja dulu. Agnes or Marcos bisa saling ngobrol : “ Ortu kita jodohin kita nih, bagaimana?? Kita bisa jajaki dulu ya, artinya bisa ya, bisa juga tidak...”. Pokoknya ingat aja Matius 5 : 37 dan Amsal 3 : 5-6.
Gimana kalo Agnes or Marcos udah sama-sama punya pacar?? Yaaa... ini berarti jadi tes keseriusan mereka dengan pasangan masing-masing. Gumulkan dengan Tuhan. Tanya pada ortu apa alasan ortu menjodohkan. Pertimbangkan input ortu yang baik, apalagi kalo mereka ortu yang takut akan Tuhan, ga matre, ga rasis, dsb. Klao udah berdoa, minta Tuhan buka kesempatan. Agnes or Marcos bisa katakan kalau mereka udah punya pasangan ( kalo sebelumnya ortu belum tau pasangan mereka) dan apa alasannya mereka punya pilihan sendiri. Jika terjadi sama kita dan sampe ortu marah, jangan terpancing bertengkar. Biarkan ortu marah, seriuslah mendengarkan mereka, tapi kita berdiam diri saja. Ujian cinta itu adalah waktu dan ketekunan. Bersikap tetap baik seperti biasa. Ortu akan menilai kita dan waktu Tuhan akan bekerja . Serahkan juga pacar kita kepada Tuhan, dan minta Tuhan ambil alih pimpinan. Kalau konflik meruncing, coba minta bantuan seseorang yang dihargai ortu untuk bisa menjelaskan pada ortu sehingga dia bisa menjembatani kita dengan otu.
Bukankah di Pengkhotbah 3:1 dan 11, Tuhan akan membuat sega sesuatu indah pada waktunya?? Jangan kuatir, serahkan dirimu padaNya, sambil terus berbuat baik. Dia akan maki buka jalan atau menutup jalan. Dia berdaulat atas hidup kita. Apalagi jika kita udah minta Dia pimpin dalam soal teman hidup, pasti Dia pimpin dan jalanNya sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar