Senin, 04 Oktober 2010

Ide Kreatif Merayakan Natal

Pengen merayakan natal yang beda dari biasanya? Bingung mau buat apa? Kali ini kami mau berbagi ide yang bisa kamu-kamu lakuin dan kembangkan sendiri uantuk mempersiapkan acara natal taon ini...

DRAMA NATAL DALAM KELUARGA
Apakah keluargamu sudah terbiasa merayakan natal bersama? Kalo belum , tahun ini bisa kamu lakukan untuk mengawalinya. Perayanan natal keluarga bukan sekedar tradisi yang mengakrabkan kerabat, tapi juga merupakan bentuk ucapan syukur kita kepada Tuhan bersama dengan seluruh keluarga.
Bagi yang sudah terbiasa bernatalan bersama keluarga mungkin taon ini pengen ada sesuatu yang beda. Kenapa ga kita bikin acara yang seru seperti drama natal di gereja. Pesertanya tentu saja anggota keluarga sendiri. Anak-anak kecil, adik, keponakan bisa dilibatkan dalam acara ini. Ga perlu alur drama dan detail yang terlalu rumit, sederhana saja asalkan samua merasa terlibat dan bisa menikmati acara ini.
Setelah drama selesai, jangan lupa luangkan waktu untuk merenungkan makana natal sejenak serta berdoa bersama. Kalo jumlah orang belum mencukupi untuk dibuat drama, bisa juga diganti dengan puisi, menyanyi atau yang paling sederhana misalnya membacakan kisah natal dengan suara keras.

KADO NATAL BUATAN SENDIRI
Natal identik dengan memberi. Makanya sering kali event ini dipakai orang untuk saling memberi kado natal. Kado natal yang istimewa ga harus yang mahal. Taon ini cobalah membuat kado natal buatan sendiri buat orang-orang di sekitarmu. Disamping modalnya murah, juga tentunya lebih berkesan karena kamu mau meluangkan waktu untuk mempersiapkan kado istimewa ini.

Berikut ini beberapa ide kado yang bisa kita buat sendiri:
1. Buat ortu
- Tanaman atau tambahan hewan piaraan (ikan ato kura-kura) tergantung hobi mereka.
- Album kenangan berisi foto-foto anak cucu mereka
2. Buat sahabat atao yayang
- Kumpulin foto-foto yang dibuat kolase atau bisa juga dalam bentuk CD dengan lagu-lagu favoritnya
- Buat lukisan gambar dirinya, lagu ciptaan sendiri disesuaikan dengan bakat dan keahlianmu
3. Buat temen kantor, teman kampus ato di sekolah
- Kue buatan sendiri (cari aja resep cookies yang gampang)
- Kartu natal kreasi sendiri (Modalnya Cuma kertas warna-warni, spidol, lem, gunting dan pernak-pernik barang seadanya)





NATAL BERSAMA ANAK-ANAK
Terlibat dalam pelayanan anak-anak sekolah minggu? Sebagai guru sekolah minggu, kita wajib mempersiapkan acara natal dengan sebaik-baiknya. Anak-anak selalu menantikan natal dengan penuh semangat. Natal bersama anak-anak is always fun! Kalo belum pernah, bisa juga kamu melibatkan diri sebagai volunteer di tahun ini. Komisi sekolah minggu tentu dengan senang hati menyambut keinginanmu uatuk membantu.
Berikut ide untuk merayakan natal dengan cara yang berbeda bersama anak-anak:
 Keliling kota membagi kado natal kepada anak-anak jalanan.
Biarkan anak-anak mempersiapkan sebuah kado sebelum acara ini tiba. Acara ini mengajarkan mereka uantuk memberi dan berbagi.
 Natal dipanti asuhan.
Meski sudah terbilang umumn merayakan natal di panti-panti sosial tetap menjadi acara yang sangat mengesankan.
 Panggung boneka natal
Kalo drama natal udah terlalu sering, kenapa tidak diadakan lewat panggung boneka?
 Bazaar natal
Kalo bazaar biasanya berisi aneka jualan dan permainan yang harus menggunakan uang sebagai alat penukar- adakan dengan acara yang beda. Bagikan aja kupon sebanyak jumlah absen yang mereka miliki selama setahun. Kupon-kupon itu menjadi hak mereka uantuk bermain sebanyak dan sesuka mereka. Selain itu bisa juga diadakan jualan barang dengan keuntungannya untuk tujuan amal.

KUNJUNGAN NATAL KE PANTI SOSIAL
Kelompok sel, persekutuan doa ato persekutuan siswa ato mahasiswa,dsb biasanya mengadakan perayaan natal sendiri. Natal sendiri selain natal bersama di gereja. Ide apa yang bisa di terapkan biar natal jadi berkesan.
 Kunjungan ke rumah sakit
Banyak orang di rumah sakit yang ga bisa merayakan natal seperti kita. Rumah sakit Kristen khususnya bisa kita jadikan tempat untuk mengadakan kebaktian natal bersama para pasien. Kalo hal itu ga memungkinkan, bisa juga diadakan kunjungan langsung kepada para pasien.
Yang perlu dipersiapkan adalah ijin dari pihak rumah sakit dan bingkisan sederhana bila dikehendaki. Kado natal yang bisa dijadikan bahan pertimbangan antara lain: buku-buku penghiburan yang menguatkan, buah-buahan atau makanan kecil (tapi dipertimbangkan bagi pasien yang berpantang makan tertentu), Alkitab, bunga, atau kenang-kenangan laina. Lebih bagus lagi kalo kado itu dibungkus dengan indah sehingga berkesan bagi penerimanya.
 Kunjungan ke panti jompo
Hampir sama seperti di atas tapi bisa juga hadiahnya berupa barang-barang yang disukai para manula seperti kantong tas, peralatan make up sederhana, seperti sisir dan cermin, jaket, vas bunga, dsb.





MALAM AMAL
Ngumpulin dana untuk aksi social bisa juga dilakukan dalam event natal. Undang teman-teman yang bisa ngeband, pentas drama ato tarian. Ngadain acara seperti ini tentunya ga bisa diadain sendirian. Besama teman-teman kampus ato kaum muda gereja, kita perlu mengadakan kepanitiaan yang lebih serius untuk menggarapnya.
Pastikan acaranya menarik sekaligus tetap sopan agar bisa memberkatai orang-orang yang mengikutinya. Selain bertemakan pesan-pesan natal, tekankan juga bahwa acara ini digunakan untuk menggalang dana untuk amal. Pastikan juga orang-orang tahu kemana dana itu disumbangkan.Jangan lupa juga motivasi seluruh panitianya agar memahami bahwa ini adalah aksi amal, dan bukan untuk nyari uang.
Yang lebih utama lagi, Natal adalah wujud kasih dan pemberian Alllah kepada umat manusia- maka peringatilah natal bener-bener dengan hati yang penuh kasih untuk memberi.


REUNI
Perayaan natal bersama teman-teman lama pasti asyik dan seru. Bikin undangan buat teman-teman lama untuk ngumpul kembali. Kalo memungkinkan bisa juga menggunakan lokasi sekolah lama. Betapa menyenangkan ngumpul di SD ato TK kita dulu untuk merenungkan makna Natal bersama serta menjalin silaturahmi yang sudah lama terputus

2 komentar: